A. PERKEMBANGAN MICROSOFT OFFICE 2003, 2007 & 2010
Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke
tahun memang perlu kita ketahui, agar supaya kita juga tidak ketinggalan
versi-versi terbarunya. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang
keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “misalnya” tidak lepas dari Aplikasi
perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan,
membuat karya ilmiah dan lain sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan
Microsoft office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang
sejarah microsoft office dan perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam
perjalanannya, Sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan
penambahan fasilitas. Dan untuk mengenal lebih jauh serta mengikuti
perkembangannya, berikut kutipkan dari berbagai sumber sejarah dan perkembangan
Microsoft Office. 1998,2003,2007 dan 2010.
1. MICROSOFT OFFICE 2003. (OFFICE 11.0).
Sesuai namanya, versi ini
dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada
yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya
menggunakan gaya
Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah
berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange
Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan.
Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini
juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan
Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
Microsoft Office 2003
adalah seri lanjutan dari aplikasi Microsoft Windows XP yang telah diperbaiki
dan ditambahkan beberapa fitur baru diantaranya, dalam aplikasi Microsoft
Office 2003 juga terdapat beberapa fitur seperti Microsoft Word, Microsoft
Excel 2003, Microsoft Power Point 2003, Microsof Acces dan lain-lainnya.
Aplikasi baru tersebut salah satunya adalahOne Note. Aplikasi ini
berfungsi mengendalikan sebuah fungsi teks, sebuah file audio dan gambar menjadi satu tempat.
Selain itu juga tersedia Microsoft
Outlook yang berfungsi mengontrol dan memudahkan kita pada beberapa fitur
seperti pengiriman e-mail, informasi tentang
kalender, dan lebih mudah untuk menemukan beberapa folder yang memiliki format
microsoft.
Fitur Microsoft office Acces 2003,
juga mampu mem-backup data, melakukan pengecekan untuk beberapa
file yangrusak. Sementara itu fitur Microsoft Front
Page 2003 merupakan sebuah solusi yang
ditawarkan untuk membuka file dengan format web. Fitur ini didukung juga oleh
beberapa aplikasi tambahan seperti Adobe Flash. Toolbar pada Microsoft
Office 2003 juga sudah diperbaiki dan terasa lebih nyaman.
Beberapa toolbar penting
dalam penggunaan Microsoft Word 2003 di antaranya sebagai berikut.
1.
File.
Jika kita menggerakkan kursor ke
pojok kiri atas, maka kita melihat tulisan "file". Fungsinya adalah
membuka dokumen baru, membuka dokumen yang sudah kita kerjakan dan telah
disimpan, melakukan pengelolaan terhadap jumlah halaman yang kita inginkan,
mengatur ukuran kertas, dan mencetak (print)
sebuah file yang telah dikerjakan.
2.
Edit.
Bergeser ke sebelah kanan kita akan
temukan tulisan "edit". Di bagian ini terdapat banyak fitur, di
antaranya kita bisa menyalin sebuah pekerjaan dalam file microsoft,
menghilangkan sebuah file yang tidak kita inginkan dengan caramengklik
tulisan "cut".
3.
View.
Sebuah fitur yang memudahkan kita
melihat sebuah dokumen secara lebih terperinci, karena ada menu memperbesar
dokumen, melihat tampilan sebelum melakukan print, mengubah tampilan untuk
membaca sebuah dokumen, dan sebagainya.
4.
Insert.
Berfungsi untuk menambahkan
sebuah objek dalam
di dokumen. Misalnya jika kita ingin menamilkan sebuah grafis, nomor halaman,
catatan kaki, dan lain-lainnya.
5.
Tools.
Fitur ini berfungsi untuk melakukan
pengecekan ulang terhadap tata bahasa (terutama
untuk bahasa Inggris), pencarian dokumen tertentu, dan kita juga bisa melakukan
semua kontrol Microsoft Office 2003 lewat menu ini.
6.
Format.
Hal ini berfungsi melakukan
pengontrolan font, paragraf, simbol, nomor dan juga bisa membagi halaman
microsoft word menjadi beberapa bagian, sesuai dengan yang kita inginkan.
7.
Table.
Menu ini berfungsi untuk membuat tabel
sesuai dengan yang kita inginkan. Mulai dari membaut kolom, jumlah kolom,
tombol otomatis untuk merapikan kolom, dan hal lainnya.
Selain itu, bagian dalam
Microsoft Office 2003 lainnya adalah Microsoft Excel dan Microsoft Power Point
dimana Microsoft Excel berfungsi memudahkan pekerjaan kita karena berbentuk lembar kerja (worksheet).
Jika ingin melakukan penghitungan otomatis, kita bisa melakukannya dalam
Microsoft Excel ini. Sementara Microsoft Power Point adalah sebuah program yang digunakan untuk memudahkan kita
saat melakukan presentasi dalam kegiatan bisnis. Dengan tema dan background yang
bisa diganti sesuai dengan keinginan, maka aktivitas presentasi menjadi lebih
menyenangkan.
Sampai saat ini Microsoft Office 2003
tidak hanya bekerja pada sistem operasi Windows saja, tapi juga sudah bekerja
pada sistem operasi buatan Apple, yaitu Ios. Meskipun sistem operasi sebuah
perangkat pc atau laptop terus berkembang dan diperbaharui, tapi Microsoft
Office 2003, tetap diminati, karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan
tampilannya yang nyaman.
- MICROSOFT OFFICE 2007. (OFFICE 12.0).
Versi ini dirilis tahun
2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi.
Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface.
Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk
penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office
ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang
agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.
Office 2002 maupun di Office 2003
masih bisa digunakan. Namun kali ini Microsoft merobak total dan kalau kita
ingat hampir sama ketika Microsoft merobak total Windows 3.1 dan Windows 3.11
ke Windows 95 dan Windows NT.
Menurut Junita Leeman, Marketing
Manager Microsoft Office Indonesia “Microsoft Office 2007 hadir dengan fasiltas
yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna
menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu
pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti, demikian Junita menjelasakan
salah satu kelebihan Microsoft Office 2007 yang diluncurkan tanggal 7 Desember
2006.
Perubahan yang cukup signifikan dari
Office 2007 ini antara lain User Interface. Coba perhatikan perubahan ini
terlihat pada Word, Excel, dan PowerPoint. Pada aplikasi ini nyaris tidak
terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan
penampilan ikon yang inopatif dan informatif.
Dengan sedikit menu dan nyaris tidak
terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada
di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol menu,
sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur
sehingga mudah penggunaannya.
Menu dropdown yang ada pada versi
sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan
Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk
pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan menggabungkan teks dan
icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.
Pada versi lama Menu File merupakan
menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, seperti untuk
menentukan ukuran kertas, menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada
Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu File pada sebelumnya kini hadir
dengan sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri
atas. Ketika pemakai mengkliki ikon tersebut akan tampak pilihan-pilihan New,
Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain. Perubahan menu ini berlaku untuk
semua keluarga Microsoft Office 2007. Jadi kalau Anda sudah membuka Microsoft
Word 2007, maka ketika masuk ke aplikasi lainnya menu yang ditampilkan relatif
hampir sama. Dengan demikian pemakai tidak akan kerepotan karena semua pilihan
sudah bisa digunakan tanpa harus tersesat.
Berikut ini beberapa hal penting yang
membedakan Office 2007 dari Office versi-versi sebelumnya.
Tampilan
(User Interface)
Tampilan Office 2007
dibuat lebih sederhana tapi lebih berdaya guna. Pada Office 2007, tata letak
daftar menu dan submenu tidak lagi sama dengan versi-versi sebelumnya. Sebagai
gantinya, menu-menu dan submenu diatur sedemikian rupa untuk bisa lebih mudah
dieksplorasi ketika bekerja. Salah satu contohnya dalah adanya Ribbon, yang
berisi toolbar yang melekatkan beberapa tombol pintas untuk mengerjakan
berbagai hal. Meski tampilan Office 2007 terlihat lebih sederhana, namun justru
terlihat lebih atraktif karena adanya perubahan pewarnaan. Barangkali
satu-satunya hal yang bisa disebut sebagai kekurangan adalah, tampilan Office
2007 menjadi terlalu baru bagi pengguna versi-versi sebelumnya. Bagi yang suka
hal-hal baru, nggak jadi soal. Tapi bagi yang tidak suka mempelajari barang
baru, termasuk juga bagi yang agak lambat dalam mempelajari hal-hal baru,
tampilan yang benar-benar beda pada Office 2007 bisa jadi justru akan menjadi
masalah, dan membuat orang enggan untuk beralih ke versi terbaru ini.\
Perbaikan
Aplikasi-aplikasinya
Office 2007 juga
memberikan beberapa perbaikan pada aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya.
Sebagai contoh, pada Office 2007, Word dilengkapi tool dasar untuk desktop
publishing, formula pada Excel lebih mudah direferensikan, presentasi dengan
PowerPoint menjadi lebih atraktif, Outlook menambahkan fitur ‘Task and Time
Management’, dan perbaikan integrasi antar aplikasi dalam Office 2007.
Disamping itu, Office 2007 juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang tidak
ada pada Office versi-versi sebelumnya. Salah satunya adalah aplikasi OneNote,
yaitu sebuah aplikasi untuk menulis catatan-catatan kecil, materi-materi
kuliah, jadwal kegiatan, planning kegiatan untuk seminggu ke depan, untuk
mencatat ide yang datang secara tiba-tiba, bahkan dapat digunakan seperti diary
atau catatan sehari-hari. Aplikasi ini seperti halnya buku catatan elektronik
atau binder atau notebook atau loose leaf yang biasa Anda gunakan saat
masa-masa kuliah. Semua catatan yang Anda tulis dapat diorganisir dan dimanajemen
oleh aplikasi ini sehingga Anda tidak lagi kesulitan mencari dimana
tulisan-tulisan penting Anda.
Interaksi
yang Lebih Mudah dengan Dunia Maya
Salah satu contohnya adalah dengan
mudah kita bisa langsung mem-post sebuah tulisan kita yang ada di Word ke blog
kita yang ada di dunia maya. Sehingga, begitu ngetik, saat itu pula tulisan
kita langsung bisa online.
SmartArt
Pada Office 2007 terdapat sebuah
tools yang cukup menarik bernama SmartArt. Tools ini terletak di menu insert
dan grup pilihan Illustration. Kenapa diberinama SmartArt, karena tools bisa
digunakan untuk memperindah pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram
yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80
template yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda.
Penampilan PowerPoint juga berubah,
dalam hal ini terdapat tools baru bernama Photo Album yang bisa ditemukan pada
menu Insert dan grup pilihan Illustration. Dengan pilihan Photo Album ini
pemakai bisa leluasa membuat slide presentasi dengan menampilkan foto-foto yang
sudah masukkan ke komputer Anda.
Format
File
Sudah diketahui keluarga
Microsoft menyediakan berbagai format file. Namun pada versi sebelumnya belum
terlihat format file PDF yang dibuat oleh Microsoft Office. Bisa namun harus
menggunakan tambahan aplikasi dari keluarga Adobe Acrobat.
Pada Microsoft Office
2007, Microsoft sudah menyertakan fitur baru untuk menyimpan file dalam
berbagai format termasuk format PDF dan XPS. Untuk bisa menggunakannya cukup
pilih ikon lingkaran kemudian pilih Save As PDF or XPS. Jadi tidak perlu lagi
menambahkan aplikasi lain untuk menyimpan file dalam format PDF tersebut.
Format file lainnya juga
mengalami perubahan, sebagai contoh file berformat Word yang tadinya berakhiran
DOC, Microroft Excel berakhir XLS, PowerPoint berakhir.PPT kini berganti dengan
DOCX untuk Word, XLSX untuk Excel dan PPTX untuk PowerPoint.
Perubahan yang cukup
berarti juga terdapat pada Microsoft Outlook 2007. Di mana Microsoft telah
menambahkan sebuah kolom pada main window-nya. Kolom yang tadinya hanya tiga
bagian sekarang menjadi empat bagian. Tiga kolom yang sudah ada adalah kolom
e-mail, alamat dari e-mail dan isi e-mail yang sedang dibuka. Kolom tambahan
yang keempat adalah kolom To Do Bar, di mana kolom ini akan menampilkan
kalender pada saat Outlook tersebut Anda buka yang di dalamnya akan terdapat
appointment dan tasks yang sudah Anda tentukan sebelumnya.
Microsoft Access 2007
hampir berobah secara total, dimana berbagai penambahan baik interface maupun
fitur dan fungsi pendukung lainnya. Ketika Anda mulai membuka aplikasi Access,
pertama yang akan terlihat adalah interface yang sama sekali baru, berbeda
dengan versi Office sebelumnya. Pada window pertama Anda akan berhadapan dengan
pilihan berbagai kategori template yang sudah tersedia, baik itu kategori
template yang sudah terinstal di dalam komputer Anda maupun kategori template
yang harus di-download terlebih dahulu. Jika Anda ingin membuat database
sendiri pilih ka tegori template “Featuring” yang di dalamnya terdapat satu
buah pilihan, yaitu Blank Database. Setelah itu Anda tinggal meneruskan untuk
membuat database Acces untuk data-data Anda. Selain itu Microsoft Access 2007
juga mempunyai kemampuan untuk proses impor dan export data.
Selain aplikasi standar
tersebut pada Microsoft Office 2007 ini juga dibundel Microsoft Publisher 2007
yang digunakan untuk keperluan desain majalah, buku, dan lain-lain. Hadir juga
InfoPath 2007, OneNote 2007, Groove 2007 dan Coomunicator 2007. Aplikasi-aplikasi
yang disebutkan terakhir ini merupakan tambahan yang bisa digunakan untuk
berbagai keperluan perkantoran modern saat ini.
- MICROSOFT OFFICE 2010. (OFFICE 14.0).
Untuk sekarang
sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi
13.0 dilewati karena adanya takhayul terhadap nomor 13! Aplikasi yang diberi
nama Office 14, atau kadang disebut juga Office 2010 itu memang telah
dipersiapkan Microsoft dengan matang untuk menjadi jagoan baru Microsoft
Office. Office 2010 mungkin terlebih dahulu datang pada versi beta kuartal
ketiga 2009. Baru kemudian, versi lengkapnya di pertengahan 2010,Walaupun belum
lengkap, terdapat banyak fitur menarik yang ditawarkan Microsoft
Office 2010 ini. Diantara fitur baru yang menarik adalah :
Tampilan Splash Screen lebih keren :
File Atrribute langsung ditampilkan
ketika kita klik Tombol Office (yang didalamnya memuat menu Open, Save, Close, Exit, Print, dll)
Pengaturan
Page Setup dan Print dalam satu Halaman pada Print Preview, sehingga
lebih cepat dalam mengatur Dokumen yang akan dicetak
Support
untuk menyimpan file dalam format PDF, XPS Dokumen, Open Documet, dll
Dilengkapi Screenshoot, yaitu fungsi
untuk meng-insert gambar dari jendela-jendela Software yang sedang aktif pada
Windows, semudah memasukkan gambar dari Clip Art
Pada Power Point, kita dapat mengedit
tabel dari Microsoft Excel (support Insert Object Microsoft Excel)
Berikut adalah pemaparan beberapa fitur baru yang disematkan Microsoft ke dalam Microsoft Office 2010:
1. Penyimpanan
Dokumen Anda
bisa langsung mengunggah dokumen Anda ke account Windows Live SkyDrive dan
mengaksesnya dari komputer lain darimana pun. SkyDrive menyediakan ruang
sebesar 25 GB sebagai media penyimpanan online gratis, karena layanan ini
terintegrasi dengan Office Web Apps. Anda dapat melihat dan mengedit
dokumen-dokumen ini di mana saja menggunakan web browser tanpa membutuhkan
Microsoft Office (bahkan pada Mac).
2. Video di Dalam Presentasi Anda Anda dapat dengan mudah menambahkan video klip dari internet ke dalam presentasi PowerPoint Anda seperti video Flash dalam halaman web biasa. Caranya mudah sekali, hanya dengan menyalin kode embed dari YouTube (atau situs sharing video lainnya) dan menempelkannya pada bagian dimana saja pada slide Anda.
3. Quick Steps in Outlook Gmail menyertakan fitur “Send dan Archive” yang bersifat multi-tasking. Ketika Anda mengklik tombol ini, pertama kali akan mengirim balasan dan kemudian tersimpan sebagai arsip hanya dengan satu kali klik. Dengan fitur baru “Quick Steps in Outlook“, Anda dapat menggunakan setiap item Outlook dengan sekali klik saja. Selain “Send dan Archive“, sebagai contoh lain adalah langkah cepat untuk “Send and Delete”, fitur ini yang akan menghapus email dari inbox Anda setelah Anda membalas email Anda.
4. Simpan Sebagai File PDF Seluruh program Microsoft Office 2010 mempunyai fitur “built-in PDF writer”, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan dokumen ke format PDF hanya dengan mengklik fitur tersebut. Anda tidak perlu lagi aplikasi PDF writer lain.
5. Cetak Dokumen Microsoft telah merubah dialog box untuk mencetak dokumen dan hal ini merupakan peningkatan yang luar biasa. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan setting printer (seperti margin halaman, dll) dan melihat perubahannya pada setiap halaman.
6. Broadcast Slideshows dalam PowerPoint PowerPoint 2010 memungkinkan Anda untuk dapat memberikan presentasi secara online melalui web dan siapa pun di dunia dapat melihat presentasi Anda menggunakan web browser.
2. Video di Dalam Presentasi Anda Anda dapat dengan mudah menambahkan video klip dari internet ke dalam presentasi PowerPoint Anda seperti video Flash dalam halaman web biasa. Caranya mudah sekali, hanya dengan menyalin kode embed dari YouTube (atau situs sharing video lainnya) dan menempelkannya pada bagian dimana saja pada slide Anda.
3. Quick Steps in Outlook Gmail menyertakan fitur “Send dan Archive” yang bersifat multi-tasking. Ketika Anda mengklik tombol ini, pertama kali akan mengirim balasan dan kemudian tersimpan sebagai arsip hanya dengan satu kali klik. Dengan fitur baru “Quick Steps in Outlook“, Anda dapat menggunakan setiap item Outlook dengan sekali klik saja. Selain “Send dan Archive“, sebagai contoh lain adalah langkah cepat untuk “Send and Delete”, fitur ini yang akan menghapus email dari inbox Anda setelah Anda membalas email Anda.
4. Simpan Sebagai File PDF Seluruh program Microsoft Office 2010 mempunyai fitur “built-in PDF writer”, sehingga Anda dapat dengan mudah menyimpan dokumen ke format PDF hanya dengan mengklik fitur tersebut. Anda tidak perlu lagi aplikasi PDF writer lain.
5. Cetak Dokumen Microsoft telah merubah dialog box untuk mencetak dokumen dan hal ini merupakan peningkatan yang luar biasa. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan setting printer (seperti margin halaman, dll) dan melihat perubahannya pada setiap halaman.
6. Broadcast Slideshows dalam PowerPoint PowerPoint 2010 memungkinkan Anda untuk dapat memberikan presentasi secara online melalui web dan siapa pun di dunia dapat melihat presentasi Anda menggunakan web browser.
7. Video Editing
dalam PowerPoint Anda
akan dimanjakan dengan fitur baru di PowerPoint 2010, karena Anda tidak perlu
lagi membutuhkan aplikasi video editing ketika Anda ingin memotong video
menjadi beberapa bagian. Pekerjaan ini bisa Anda serahkan kepada PowerPoint
2010.
8. Share Presentasi Sebagai Video PowerPoint 2010 juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam bentuk file video yang dapat Anda unggah ke YouTube atau mendistribusikan pada media player portabel seperti iPod.
8. Share Presentasi Sebagai Video PowerPoint 2010 juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam bentuk file video yang dapat Anda unggah ke YouTube atau mendistribusikan pada media player portabel seperti iPod.
9. Built-in Screen
Capture Semua
program Office 2010 sekarang tersedia screen clipping
utility. Fitur ini akan secara otomatis mengambil screenshot dari semua
aplikasi yang terbuka pada desktop Anda (tidak termasuk aplikasi yang di-minimize)
dan Anda dapat memasukkannya langsung ke dalam dokumen Anda atau presentasi
Anda. Bisa menggantikan peran aplikasi Snag-It di komputer Anda.
10. Outlook Social
Connector Bila
Anda membuka pesan email dalam Outlook 2010, akan ditampilkan informasi terkait
seperti attachments file,
gambar, meeting requests, dan semua pesan email sebelumnya yang
mungkin ditukar dengan yang lain (seperti Xobni).
B. PERKEMBANGAN MICROSOFT WORD 2003. 2007 & 2010
Kita semua
tentu sudah tidak asing mendengar kata Microsoft Word,aplikasi pengolah kata
keluaran Microsoft Corp. yang bisa dibilang paling populer ini seringkali
digunakan untuk berbagai kegiatan tulis menulis di PC, seperti menulis surat,
proposal, brosur dan masih banyak lagi jenis dokumen lain ,yang akan sangat
memudahkan kita dalam menyusunnya dengan rapi dengan banyak pilihan font dan
format layout yang tinggal kita pilih sesuai dengan keinginan. Sebenarnya masih banyak aplikasi
pengolah kata yang lain seperti WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro,
WordPad, dan lain-lain. tapi kebanyakan dari kita pengguna sistem Operasi
Windows tentu lebih familiar dengan Microsoft word. tapi apakah kita pernah memikirkan
bagaimana perkembangan Microsoft office dari versi paling pertama hingga versi
Microsoft Word 2013.jika anda ingin tahu bagaimana sejarah serta perkembangan
aplikasi pengolah kata ini berikut penjelasannya.
Program
pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk
versi DOS. Berikut tampilan
dan perkembangan versi 1.0 sampai 6.0 yang saya kumpulan hasil dari search melalui google :
Tampilan Microsoft Word 1.0
Tampilan Microsoft Word 2.0
Seperti yang bisa kita lihat,dari ketiga tampilan versi
windows 1.0 lalu 2.0 hingga 6.0 terus mengalami perubahan-perubahan terutama
dibagian toolbar menu dan userinterface yang terus ditingkatkan fitur serta
kemudahan pemakaiannya yang tentunya bertujuan untuk mempermudah user dalam
mengolah kata.
Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya dan
terus berkembangnya sistem operasi windows dari versi DOS ke versi lebih
GUI(Graphic User Interface) yang dimulai dengan windows 95,dan saat itu juga
muncul microsoft word 95,yang diikuti dengan versi 97,2000,2002,2003,2007,2010
hingga 2013. berikut ini kembali
saya tampilkan tampilan microsoft Word 95-2013 :
Tampilan Microsoft Word 95 :
Tampilan Microsoft Word 97 :
Microsoft Word 2003 :
Tampilan Microsoft word 2007 :
Tapilan Microsoft Word 2010 :
Tampilan Microsoft Word 2013 :
Itulah
tampilan microsoft word dari versi 95 hingga 2013 yang salah satu versinya
pasti pernah anda coba,kalau dilihat dari segi tampilannya microsoft word ini
memiliki tampilan yang selalu menyesuaikan dengan tampilan OS windows yang
dikeluarkan berdekatan dengan ms.Word tersebut, seperti tampilan Word 97 dan 95 yang mempunyai tampian
dengan taskbar silver yang sama dengan warna dominan taskbar dan menu di
windows 97-2000 yang juga berwarna silver. Sedangkan versi 2003 lebih menyesuaikan dengan tampilan windows XP dengan taskbar
berwarna biru, dan untuk versi
2007 dan 2010 dengan tampilan "Aero" khas windows 7, dan yang paling baru adalah Microsoft
word 2013 yang terlihat tampilan Bergaya "Metro" yang menjadi
tampilan khas Windows 8.
itulah
review singkat yang bisa saya tuliskan tentang perkembangan Microsoft word dari
versi awal hingga 2013,yang tentunya selalu mengalami perkembangan yang terus
meningkat demi kemudahan dan kenyamanan user dalam mengolah kata di Microsoft Office. Microsoft Word telah memberikan manfaat yang sangat besar
bagi dunia teknologi yang terus berkembang,dalam hal mengolah kata yang
digunakan untuk kegiatan produktif,edukatif dan berbagai hal lain yang
membutuhkan aplikasi pengolah kata yang ampuh seperti Microsoft Word
C. PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL 2003. 2007 & 2010
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program
komputer yang populer digunakan di dalam computer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini
merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik
di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS,
semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993, dan telah hampir sepenuhnya
menggantikan Lotus 1-2-3 sebagai standar industri untuk spreadsheet. Excel
merupakan bagian dari Microsoft Office . Versi saat ini 2010 untuk Microsoft
Windows dan 2011 untuk Mac OS X.
1.
Perkembangan Microsoft Excel
Pada
tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan
Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam
sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3.
Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang
baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug
Klunder, “do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang
dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”. Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun
1985dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987.
Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan
pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel
pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan
Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak
untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai
kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih
baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi
Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir
adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac
OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004. Pada awal-awal peluncurannya, Excel
menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri
finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama
Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan
dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua
rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini
diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya
menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah
lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk
program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh
program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain
itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga
versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel
2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML
namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika
dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya. Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika
dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya
masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama
kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula
dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya. Excel merupakan program spreadsheet
pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari
spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap
sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas,
di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui
nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang
keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu,
Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik. Ketika pertama kali dibundel ke dalam
Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan
antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk
mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi
aplikasi spreadsheet yang paling disukai. Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman
Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel
untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi
yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk
digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft
menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA
untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program
buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh
pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa
tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam
worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga
mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA
selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan
penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi
automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target
virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia
korporasi hingga para pembuat anti virus mulai menambahkan dukungan untuk
mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya,
meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah
penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau
menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang
dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya.
DAFTAR PUSTAKA
Lambanas.
2003, Computer In Save. Jakarta. PT
Widyadara
Saputra,
Rio. 2012_20. 23 WIB. Google-
Pengenbangan Microsoft. Tanjungpinang. Warnet.